Analisis Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Membangun Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.55115/purwadita.v8i1.636Abstract
Strategi pembelajaran adalah metode yang dipilih dan digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran, yang tujuannya adalah untuk memfasilitasi penyerapan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Karakter merupakan ciri khas pada kepribadian seseorang dan terwujud dalam sikap, perilaku, dan cara merespon pengaruh dari luar. Karakter yang terbentuk sejak dini dibantu oleh keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar agar kita dapat menerapkan hal-hal baik ketika telah beranjak dewasa. Strategi pembelajaran afektif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelasnya menjadi lebih bervariasi. Melalui kemampuan ini guru juga dapat memberikan motivasi dan nasehat kepada siswanya untuk bersikap disiplin, tanggung jawab, dan tanggap ketika mereka melakukan kesalahan. Strategi pembelajaran afektif adalah strategi yang memusatkan pada pembentukan sikap para siswa. Sikap ini termasuk minat belajar siswa, suka menolong, tanggung jawab, jujur, disiplin, memiliki kepercayaan diri, kemampuan untuk mengendalikan dan menghargai emosi dan pendapat orang lain.
Downloads
References
Nababan, D., dkk. 2023. “Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Pembentukan Sikap Pendidikan Karakter Masa Depan Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. Volume 2 Nomor 2. Halaman 654 – 661. E-ISSN : 2964-6499.
Lidinillah, N. N. Q., 2018. Implementasi Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Jember. IAIN JEMBER.
Nurussholibahh, A., dan Kusmajid Abdullah. 2022. “Strategi Pembentukan Karakter Disiplindan Bertanggung Jawab Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning”. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 8 Nomor 4. Halaman 961-974. E-ISSN : 2579-4442.
Fauliyah, F., 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter DalamNovel Anak-anak Langit Untuk Membina Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah”. Jurnal Pendidikan Guru MI. Volume 1 Nomor 2. Halaman 94-111.
Zaman, B. 2019. “Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia”.Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam. Volume 2 Nomor 1. Halaman 16-31. E-ISSN : 2599-2724.
Yupidus, dan Hadion Wijoyo. 2023. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Agama. Volume 5 Nomor 1. Halaman 14-23. ISSN : 2686-1194.
Abdullah, U. M. K., dan Abdul Azis. 2019. “Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 7 Nomor 1. E-ISSN : 2621-8275.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

