PENGARUHQ1 MODEL PEMBELAJARAN1Q TIPE NUMBERRED HEAD1 TOGETHER BERBANTUAN MEDIAQ1 PAPAN KANTONG PINTAR TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA1Q SISWA GUGUS V KECAMATAN KUBUTAMBAHAN
Keywords:
Model12 pembelajaran number1q head together berbantuan media papan pintar, minat belajar siswaAbstract
Fokus kajian ini ialah mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran dan media pembelajaran mempengaruhi minat belajar siswa. Quasi eskperimen yang digunakan dalam peneiltian ini dengan rancangan pree-test dan poost-test. Dalam penelitian ini digunakan siswa Kls II Ggs V Kecamatan Kubuaddan sebanyak 122 orang. Berdasarkan hasil pengacakan, kls II SD Negerl 3 Tamblang yang beryumlah 27 slswa terpilih sebagai kelas eskperimen, dan kls II SD Negerl 4 Tamblang yang berjumlah 23 siswa terpilih sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, angket, dan teknik pengolahan data. Rata-rata yang dihitung mempunyai nilai signifikansi 0,121–0,05, dan data diolah menggunakaan ujl vailditas, uji reilabilitas, uji anailsis deskriptlf, ujl normailtas, ujl homogenitas, dan ujl t Levene. Diketahui siswa pada kelas eksperimen mempunyai tingkat minat belajar antara 73,07 dan tingkat minat belajar antara 73,07. Pada tahun pelajaran 2023/2024, siswa kelas II SD Negeri 3 Tamblang Kecamatan Kubuaddan mengalami pengaruh model pembelajaran head-to-head yang didukung media smart board. Dengan demikian raata-rata mlnat belajar kelas eksperimen Iebih tinggl dlbandingkan rata-rata minat belajar kelas kntrol (23,21).