PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG
Keywords:
problem based learning (PBL), articulate storyline, hasil belajar IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS antara kelas siswa yang dibelajarkan mengunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media articulate story dibandingkan kelas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu yang di desain dengan konsep Nonequivalent Control Group Design, dengan perhitungan data analisis penelitian menggunakan SPSS Versi 23.0 for Windows meliputi teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 127 orang siswa dan sampel penelitian yaitu kelas V SD Negeri 3 Penarukan berjumlah 29 siswa dan kelas V SD Negeri 5 Penarukan berjumlah 24 siswa di kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji-t independent, menunjukkan bahwa nilai > yaitu 15,351 > 1,675 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS antara kelas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media articulate storyline dan kelas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng.