PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS I KECAMATAN BULELENG
Keywords:
Teams Games Tournament (TGT) Model, Wordwall, Concept Understanding, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall terhadap pemahaman konsep IPAS kelas V Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang berhasil didefinisikan yaitu rendahnya pemahaman konsep siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Buleleng. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori kontruktivisme. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Buleleng yang berjumlah 222. Kelas V di SD Negeri 1 Anturan yang berjumlah 32 siswa terpilih sebagai kelas eksperimen sedangkan siswa kelas V SD Negeri 3 Kalibukbuk terpilih menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran butir, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall terhadap pemahaman konsep IPAS kelas V. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample test (uji-t) yang memperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall terhadap pemahaman konsep IPAS kelas V Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng.