KONSTRUKSI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN KEBERAGAMAN DI TK ADNYANI DESA ABIANSEMAL KECAMATAN ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG PROVINSI BALI

Authors

  • I Wayan Wikrawan Universitas Hindu I Gusti Bagus Sugriwa Author
  • Made Redana Universitas Hindu I Gusti Bagus Sugriwa Author
  • Ni Komang Sutriyanti Universitas Hindu I Gusti Bagus Sugriwa Author

Abstract

Urgensi moderasi beragama dalam kehidupan beragama dan berbangsa antara lain: memperkuat esensi
ajaran agama dalam kehidupan masyarakat, mengelola keragaman tafsir keagamaan dengan mencerdaskan
kehidupan keberagamaan, merawat Keindonesiaan dalam bingkai NKRI.Pendidikan keberagaman dapat
menjadi salah satu alternatif solusi yang tidak dapat dihindari dalam membangun moderasi setiap anak. Lokasi
penelitian ini mengambil tempat di TK Adnyani yang berlokasi di di TK Adnyani Desa Abiansemal Kecamatan
Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling
atau pemilihan secara sengaja dengan beberapa pertimbangan. Teori yang digunakan untuk menganalisis
data hasil penelitian adalah teori konstruksi sosial, teori modeling albert bandura, behavioristik, teori nilai.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan yang dapat diambil adalah antara lain: (1)
Pengetahuan moderasi beragama perlu dibangun pada usia emas di TK Adnyani Desa Abiansemal
Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali dikarenakan adanya keragaman agama di TK
Adnyani, menghindari bullying berbasis agama di TK Adnyani, meningkatkan toleransi agama di TK Adnyani
serta mencegah radikalisme pada anak di TK Adnyani Desa Abiansemal Kecamatan Abiansemal Kabupaten
Badung Provinsi Bali. (2) Bentuk konstruksi moderasi beragama melalui pendidikan keberagaman di TK
Adnyani Desa Abiansemal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali antara lain terintegrasi
pada tema dalam pembelajaran di TK Adnyani serta mengimplementasikan The Hidden Curriculum TK
Adnyani Desa Abiansemal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali. (3) Strategi konstruksi
moderasi beragama melalui pendidikan keberagaman di TK Adnyani Desa Abiansemal Kecamatan
Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali adalah dengan melaksanakan berbagai jenis perlombaan harian,
mingguan, bulanan dan tahunan di TK Adnyani, melaksanakan kegiatan hari besar bukan agama dan hari
libur nasional di Indonesia di TK Adnyani dan perayaan hari besar agama di TK Adnyani Desa Abiansemal
Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Downloads

Published

2024-12-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

KONSTRUKSI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN KEBERAGAMAN DI TK ADNYANI DESA ABIANSEMAL KECAMATAN ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG PROVINSI BALI. (2024). Widya Dana: Jurnal Penelitian Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 1(1), 69-78. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyadana/article/view/459