PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS
Keywords:
Tealm Galmes Tournalment (TGT),, Mind Malpping,, Halsil Belaljalr,, Ilmu Pengetalhualn ALlalm daln SosiallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media mind mapping, dengan kelas yang pembelajarannya menerapkan model konvensional pada mata pelajaran IPAS terhadap siswa kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Sukasada. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment atau Eksperimen Semu dengan rancangan Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Sukasada sebanyak 162 peserta didik. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Ambengan dengan jumlah 34 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Ambengan dengan jumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 26 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji inferensial N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Diketahui rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 58,17 dan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 84,94. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 57,81 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 68,88. Sehingga rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar IPAS kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar IPAS kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPAS siswa Kelas IV dengan nilai p-value 0,001 < 0,05. Oleh sebab itu, metode intervensi yang diterapkan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.