PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN MATERI BANGUN DATAR SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, media Quizizz, penguasaan materi bangun datar, MatematikaAbstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk membandingkan secara signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan aplikasi Quizizz dan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan metode pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Banjar yang berjumlah 184 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, yang terdiri dari 32 siswa dari SD Negeri 1 Temukus sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa dari SD Negeri 4 Temukus sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data mengenai penguasaan materi bangun datar dilakukan melalui tes dengan jenis tes pilihan ganda. Data selanjutnya dianalisis menggunakan uji statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam penguasaan materi bangun datar antara siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Quizizz dan siswa yang belajar dengan metode konvensional. Hal ini terkonfirmasi dari hasil analisis uji-t, dimana thitung = 7,555 > ttabel (α=0,05, 56) = 2,003, dan juga dari perbedaan rata-rata penguasaan materi bangun datar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 77,81 > 61,34. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan aplikasi Quizizz memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi bangun datar siswa di kelas IV SD Gugus II Kecamatan Banjar.