PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Pembelajaran, Kontekstual, IPAS, Interaktif, Sekolah DasarAbstract
Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan yang diterdapat ditempat penelitian, permasalahan ditemukan di kelas V SD Negeri 1 Paket Agung dan SD N 1 Sari Mekar di Kota Singaraja. Adapun permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu kurang optimalnya aplikasi teknologi pada pengintegrasian pembelajaran terutama penggunaan media interaktif dikarenakan kurang inovatifnya tenaga pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development melalui pemilihan model pengembangan Borg and Gall yang merupakan metode dalam implementasi penelitian pengembangan ini. Jumlah peserta didik yang menjadi subjek penelitian dalam permasalahan ini yaitu 63 orang dan 3 orang guru kelas V. Dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner, dan menggunakan skala merupakaan sebuah teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data dan informasi dalam penelitian. Rumus penyelesaian untuk mengetahui nilai validitas dan kepraktisannya yaitu menggunakan Aiken-V. Dari perhitungan yang telah dilakukan maka media yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis sehingga diterima dengan sangat baik oleh pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil dari hasil dari ahli materi 81%, dari ahli bahasa 78%, dari ahli media 85%. Media ini dinyatakan praktis dengan skor dari respon siswa 94%, dan skor dari respon guru sebesar 93%. Dengan demikian Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Indonesiaku Kaya Raya Sekolah Dasar Kelas V dinyatakan layak dan sangat praktis digunakan pada saat proses pembelajaran.