PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBANTUAN CANVA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS BAB 7 TOPIK C KELAS IV SEKOLAH DASAR
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBANTUAN CANVA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS BAB 7 TOPIK C KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
IPAS, Pengembangan Media, Komik Digital.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan rancang bangun dari komik digital berbantuan canva pada muatan IPAS yang dikembangkan, (2) mengetahui kualitas media komik digital berbantuan canva pada muatan IPAS yang dikembangkan ulasan dari kevalidan dan kepraktisan. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) wawancara, (2) observasi dan penyebaran (3) angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan model pengembangan ADDIE, model ini menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu : Tahap awal yaitu Analisis ( Analysis ) , kedua ada tahap Desain ( Design ), ketiga ada tahap Pengembangan ( Development ), keempat tahap Implementasi ( Implementation ), terakhir ada tahap Evaluasi ( Evaluation ) tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementasi ( Implementation ) karena terbatasnya waktu. Dalam Kelayakan pengembangan media komik digital dengan uji validitas materi dan media dengan perhitungan Aiken diperoleh nilai koefisien korelasi uji validitas nilai r sebesar 1. Berdasarkan tabel interpretasi validitas yang diperoleh nilai 1 sehingga menunjukkan kategori “Sangat baik”, Uji coba individu mendapat nilai persentase 87,2%. Uji coba kelompok kecil mendapat persentase 88,3% dan uji kepraktisan guru mendapat persentase sebesar 87,5% maka nilai persentase total menjadi 87,6% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga dapat disimpulkan media bahwa pembelajaran komik digital pada muatan pembelajaran IPAS sangat baik dan efektif digunakan dalam pembelajaran.