PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN DENGKLENG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Putu Yuni Asrini STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • I Komang Wahyu Wiguna STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • I Made Ari Winangun STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author

Keywords:

problem based learning, dengkleng, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuanpermainan dengkleng terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V di Gugus VIII Kecamatan Buleleng. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori kognitivisme. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan pretest-posttest group design. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, yang terdiri dari 29 siswa dari SD Negeri 3 Penarukan sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa dari SD Negeri 5 Penarukan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data mengenai kemampuan berpikir kritis dilakukan melalui tes dengan jenis tes essay. Data selanjutnya dianalisis menggunakan uji statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan permainan dengkleng dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terkonfirmasi dari hasil analisis uji-t, dimana t­hitung = 27,884 > t­tabel (α=0,05, 51) = 1,676, dan juga dari perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 67,65 > 24,08. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dengan bantuan permainan dengkleng memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa di kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng.

Downloads

Published

2024-09-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN DENGKLENG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG. (2024). Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 4(2), 305-318. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/219