PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS

Authors

  • Komang Nita Widiastini Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author
  • Komang Surya Adnyana Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author
  • Putu Eka Sastrika Ayu Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author

Keywords:

Model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition),, Media Magic Box,, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini akan menguji seberapa besar pengaruh yang dimiliki model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectual, Repetition) yang dibantu dengan media Magic Box terhadap hasil belajar IPAS kelas V gugusV Kabupaten Buleleng. Teori konstruktivis ialah teori yang dipergunakan sebagai dasar dalam penelitian ini. Penelitian ini akan memakai desain kelompok pretest-posttest atau sering disebut dengan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 128 siswa yang seluruhnya siswa kelas V Gugus V Kabupaten Buleleng. Sebanyak 34 siswa Sekolah Dasar Negeri 4 Kaliuntu Kelas V terpilih sebagai kelompok kontrol dan sebanyak 31 siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Kaliuntu Kelas V terpilih sebagai kelompok eksperimen. Data dalam penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan dokumen. Hasil pengujian data memperoleh rata-rata persentase N-Gain kelompok uji kelas eksperimen sebesar 73,61% tergolong kedalam kategori Sangat Efektif. Saat ini nilai rata-rata sebesar 53,65% dari nilai kelompok kontrol termasuk tergolong kedalam kategori kurang efektif. Melihat hasil hitung tes data menggunakan SPSS 26.0 for Windows terlihat nilai thitung lebih besar 6,465 dari nilai tabel yaitu 1,668 dan nilai Sig. adalah 0,000. Artinya nilai Sig. < a (a=0,05). Sehingga diperoleh hasil bahwasanya H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti model pembelajaran AIR dengan menggunakan platform media Magic Box dengan Gugus V Kabupaten Buleleng Siswa diajar menggunakan model pembelajaran konvesional.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS. (2025). Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 5(1), 66-78. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/1314

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

21-30 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.