PENGARUH MODEL ICM BERBANTUAN MEDIA TTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN GUGUS IV KECAMATAN SUKASADA

Authors

  • Gusti Ayu Made Sinta Kusuma Dewi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • Ni Putu Candra Prastya Dewi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • L Heny Nirmayani STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa ketika mereka diajarkan dengan model Index Card Match dengan bantuan media teka-teki silang dibandingkan dengan siswa di kelas 4 SDN Gugus 4 Kecamatan Sukasada yang diajarkan dengan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen t dengan desain kelompok kontrol pre-test dan post-test sebagai rencananya. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 4 Kecamatan Sukasada dengan total 162 siswa. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu random sampling . Sampel penelitian terdiri dari 14 siswa dari kelas IV SD Negeri 2 Sukasada dan 11 siswa dari kelas IV SD Negeri 5 Sukasada. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas, reliabilitas, inferensial N-Gain, normalitas, homogenitas, dan hipotesis termasuk dalam pengolahan data. Penelitian ini menemukan bahwa skor pre-test kelompok eksperimen rata-rata 26,00 dan nilai post-test kelompok eksperimen rata-rata 42,71. Nilai pre-test kelompok kontrol rata-rata 16,73 dan skor post-test kelompok kontrol rata-rata 24,55. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Model Pembelajaran ICM Berbantuan Media TTS Memiliki Pengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pancasila Siswa Kelas IV, dengan p-value 0,000 kurang dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode yang diterapkan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis kritis Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Sukasada.

Downloads

Published

2024-09-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL ICM BERBANTUAN MEDIA TTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN GUGUS IV KECAMATAN SUKASADA. (2024). Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 4(2), 198-212. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/211