PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS
Keywords:
Model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition),, Media Magic Box,, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini akan menguji seberapa besar pengaruh yang dimiliki model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectual, Repetition) yang dibantu dengan media Magic Box terhadap hasil belajar IPAS kelas V gugusV Kabupaten Buleleng. Teori konstruktivis ialah teori yang dipergunakan sebagai dasar dalam penelitian ini. Penelitian ini akan memakai desain kelompok pretest-posttest atau sering disebut dengan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 128 siswa yang seluruhnya siswa kelas V Gugus V Kabupaten Buleleng. Sebanyak 34 siswa Sekolah Dasar Negeri 4 Kaliuntu Kelas V terpilih sebagai kelompok kontrol dan sebanyak 31 siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Kaliuntu Kelas V terpilih sebagai kelompok eksperimen. Data dalam penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan dokumen. Hasil pengujian data memperoleh rata-rata persentase N-Gain kelompok uji kelas eksperimen sebesar 73,61% tergolong kedalam kategori Sangat Efektif. Saat ini nilai rata-rata sebesar 53,65% dari nilai kelompok kontrol termasuk tergolong kedalam kategori kurang efektif. Melihat hasil hitung tes data menggunakan SPSS 26.0 for Windows terlihat nilai thitung lebih besar 6,465 dari nilai tabel yaitu 1,668 dan nilai Sig. adalah 0,000. Artinya nilai Sig. < a (a=0,05). Sehingga diperoleh hasil bahwasanya H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti model pembelajaran AIR dengan menggunakan platform media Magic Box dengan Gugus V Kabupaten Buleleng Siswa diajar menggunakan model pembelajaran konvesional.