PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD
Keywords:
SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual),, video pembelajaran,, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) berbantuan media video pembelajaran dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional pada kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yaitu pretest-postest control group design. Pemilihan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan metode undian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dilihat dari rata-rata nilai N-Gain Score pada kelas eksperimen dengan taraf 0,75 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,37 kemudian nilai thitung sebesar 8,890 > ttabel 1,696. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.