INTEGRASI NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBELAJARAN PKN DI SD NEGERI 4 PANJI ANOM
Keywords:
Pancasila,, Integrasi Nilai,, Pendidikan KarakterAbstract
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia berperan penting membentuk karakter generasi muda, terutama melalui pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana nilai Pancasila diintegrasikan ke dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 4 Panji Anom, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas 6, ditemukan bahwa pembelajaran Pancasila dilakukan dengan cara kemanusiaan, ke dalam aktivitas harian di kelas lewat pembiasaan berdoa sebelum memulai pembelajaran dan pembentukan kesepakatan kelas untuk mematuhi norma-norma yang telah disepakati. Tantangan yang dihadapi oleh guru adalah sulitnya menerapkan nilai Pancasila secara konsisten, terutama karena perkembangan zaman membuat siswa tidak fokus pada pembelajaran. Kendala lain adalah keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran yang tepat, meskipun fasilitas seperti proyektor sudah tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan, integrasi nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn efektif dalam membantu siswa memahami dan menerapkan nilai tersebut dalam kehidupan mereka. Dengan pendekatan yang kolaboratif antar guru dan siswa, pembentukan karakter Pancasila dapat dicapai lewat proses.