PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD

Authors

  • Kadek Yeni Ariani Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author
  • I Made Suweta Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author
  • Putu Yulia Angga Dewi Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author

Keywords:

SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual),, video pembelajaran,, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) berbantuan media video pembelajaran  dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional pada kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yaitu pretest-postest control group design. Pemilihan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan metode undian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dilihat dari rata-rata nilai N-Gain Score pada kelas eksperimen dengan taraf 0,75 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,37 kemudian nilai thitung sebesar 8,890 > ttabel 1,696. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD. (2025). Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 5(1), 79-87. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/1315

Similar Articles

11-20 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.