MODEL PEMBELAJARAN ARCS (PERHATIAN, RELEVANSI, KEYAKINAN, DAN KEPUASAN) TENTANG HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PRESTASI SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN BENTENG

Authors

  • I Ketut Sudha Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author
  • Nyoman Lisna Handayani Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author
  • I Made Sedana Institut Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Author

Keywords:

Hasil Belajar IPA,, Model Pembelajaran ARCS,, Motivasi Berprestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran ARCS ( attention , relevance, confidence, dan satisfaction) terhadap motivasi berprestasi siswa. ) terhadap hasil belajar IPA dan motivasi berprestasi siswa kelas IV SD Gugus VI Kabupaten Kubu, sampel penelitian berjumlah 46 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling . Desain eksperimen yang digunakan adalah Post Test Only Control Group Design . Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk variabel motivasi berprestasi dan tes untuk variabel hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ANOVA dua jalur dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara hasil belajar IPA dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus VI Kabupaten Kubu terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus VI Kabupaten Kubu. adalah sebuah hal yang signifikan perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran ARCS dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai F sebesar 25,322 df = 1, dan Sig = 0,000; (2) Di sana adalah sebuah hal yang signifikan (3) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran ARCS dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai F sebesar 26,405 , df = 1, dan sig = 0,000 ; (3) secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran ARCS dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan hasil penelitian .

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

MODEL PEMBELAJARAN ARCS (PERHATIAN, RELEVANSI, KEYAKINAN, DAN KEPUASAN) TENTANG HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PRESTASI SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN BENTENG. (2025). Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 5(1), 88-100. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/1316

Similar Articles

11-20 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.