PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI CERDAS UNTUK MATEMATIKA KELAS V MATERI PERBANDINGAN DI SD NEGERI 1 KAMPUNG ANYAR
Keywords:
matematika, monopoli cerdas, pendidikan, penelitian pengembanganAbstract
Pandemi COVID-19 mengubah cara belajar menjadi daring, banyak siswa kesulitan karena minimnya perangkat, menurunkan minat belajar, dan berpotensi mempengaruhi pemahaman serta hasil belajar. Pengembangan media pembelajaran monopoli cerdas dianggap penting guna menghasilkan peningkatan minat belajar siswa. Rumusan permasalahan utama adalah mengenai validitas dan kepraktisan media tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui validitas dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan untuk digunakan dalam pelajaran terkhusus pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan model ADDIE untuk langkah-langkahnya. Dalam penelitian ini terdapar subjek penelitian yakni media pembelajaran monopoli cerdas yang telah diuji validitasnya. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, wawancara, serta penggunaan angket. Data-data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran monopoli cerdas memiliki nilai validitas tinggi, yaitu 0,93 untuk validitas isi materi dan 0,94 untuk validitas media pembelajaran. Uji kepraktisan juga menunjukkan nilai rata-rata 3,57, menandakan bahwa media pembelajaran ini sangat praktis. Validasi yang dilakukan dengan melibatkan pakar materi dan pakar media pembelajaran menghasilkan nilai bahwa media ini memiliki kualitas "tinggi". Siswa juga memberikan penilaian "sangat tinggi" terhadap media ini.