PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Problem Based Learning, Audio Visual,, Hasil Belajar,, IPASAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikasi terhadap hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV Negeri Gugus II Kecamatan Kubutambahan sebanyak 236 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara siswa yag dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kubutambahan.