PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD GUGUS VI KECAMATAN BULELENG
Keywords:
Model Role Playing, Pemahaman Konsep Siswa, Kartu GambarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep belajar IPAS antara kelas siswa yang menjalani aktivitas belajar dengan mempergunakan pemodelan role playing berbantuan media kartu gambar, dibandingkan dengan siswa yang menjalani aktivitas belajar dengan mempergunakan metode ceramah di kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng. Penelitian ini mempergunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan ialah semua peserta didik kelas IV di SD Gugus VI Kecamatan Buleleng sejumlah 104 peserta didik. Sampel ditentukan dengan simple random sampling. Hasil penelitian memperoleh temuan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman konsep belajar IPAS siswa kelas IV di Gugus VI Kecamatan Buleleng. Diperoleh pemahaman konsep belajar IPAS kedua kelompok belajar adalah normal dan varians homogen. Pengujian hipotesis penelitian (Ha) dan (H1) memperoleh hasil uji-t independent dengan nilai thitung sebesar 10.197, dimana nilai ini lebih besar dari ttabel yakni 10.192 dengan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Maka dari itu, selaras dengan kriteria pengujian dalam Uji-t maka diputuskan menolak H0 dan menerima H1. Oleh sebab itu, maka model pembelajaran role playing berbantuan media kartu gambar berpengaruh terhadap pemahaman konsep belajar IPAS siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng.