PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP HASILlBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN GEROKGAK
Keywords:
Model NHT, Media Realia, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini mengulik terkait model Pembelajaran NHT dibantu dengan Media Realia apakah berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Gerokgak. Penelitian ini berlangsung karena menilik kenyataan yang ada dilokasi tentang rendahnya hasil belajar matematik dan sesuai dengan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V. Adapun permasalahan yang muncul dari penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran NHT Berbantuan Media Realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD gugus V Kecamatan Gerokgak. Penelitian in berjenis kuantitatif eksperimen semu dengan desain Pre-Test dan Post-test control group design dan populasi berjumlah 190 siswa, random sampling digunakan untuk teknik sampling, kelas V SD N 2 Musi sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N 1 Penyabangan sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan beberapa teknik yakni pengujian data validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, hipotesis dengan uji-t independent. Berdasarkan hipotesis yang telah diujikan menunjukkan thitumg > ttabel yaitu 9,068 > 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa adanyab pengaruh yang diberikan oleh model NHT berbantuan media realia untuk hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Gerokgak