PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP PENGUASAAN MATERI BANGUN DATAR MAPEL MATEMATIKA KELAS V
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP PENGUASAAN MATERI BANGUN DATAR MAPEL MATEMATIKA KELAS V
Keywords:
TGT, Matematika, Penguasaan Materi, Google Sites.Abstract
Permasalahan yang terjadi di tempat penelitian dilator belakangi oleh rendahnya penguasaan materi pada pembelajaran matematika kelas V SDN Gugus 7 Gerokgak. Adapun rumusan masalah penelitian yakni: Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan materi bangun datar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran dengan bantuan media Google Sites dan kelas yang menggunakan pembelajaran Konvensional dalam konteks pembelajaran matematika bagi siswa kelas V di SDN Gugus 7 Kecamatan Gerokgak?. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design, quasi eksperimen sebagai jenis penelitian, dan populasi penelitian ini adalah 86 siswa kelas V. Berdasarkan hasil random sampling, terpilih 25 siswa menjadi kelompok eksperimen (SDN 1 Sumberkima) dan 27 siswa terpilih menjadi kelompok eksperimen (SDN 3 Sumberkima). Pengujian dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, dan pengolahan terdiri dari analisis deskriptif, uji N gain score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t independen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil uji t independen terhadap skor N gain menunjukkan bahwa berdasarkan hipotesis yang diuji, thitung > ttabel yaitu 20,343 > 1,676. Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Gugus 7 Gerokgak yang belajar menggunakan model pembelajaran TGT yang didukung Google Sites menguasai materi matematika secara signifikan lebih baik dibandingkan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.