PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS IX KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Luh Sukma Wardani STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • Ni Nyoman Kurnia Wati STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • I Ketut Ngurah Ardiawan STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author

Keywords:

Problem Based Learning, Video Animasi, IPAS

Abstract

Proses pembelajaran di Sekolah Dasar Gugus IX Kecamatan Buleleng  masih menggunakan model pembelajaran konvesional maka sangat berdampak pada siswa, siswa menjadi kurang efektif, merasa bosan dan cepat jenuh jika dalam proses pembelajaran hanya menggunakan model konvesional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana pengaruh  Model Problem Based Learning berbantuan media video animasi pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Gugus IX Kecamatan Buleleng. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh  Model Problem Based Learning berbantuan media video animasi pada pembelajaran IPAS dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh dari penyebaran pretest dan posttest dan teknik yang digunakan mengambil sampel adalah random sampling.Sedangkan sampel menggunakan kelas IV SDN 2 Poh Bergong  (kelas eksperimen) berjumlah 26 siswa dan kelas IV SDN 2 Jinengdalem (kelas kontrol) berjumlah 26 siswa. Teknik analisis deskriptif  digunakan  menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (90,46) dan nilai rata rata posttest kelas kontrol (75,12) yakni pada pembelajaran IPAS menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai kelas kontrol. Kesimpulannya terdapat pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning berbantuan media video animasi  dalam pembelajaran IPAS di SDN Gugus IX Kecamatan Buleleng terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-09-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS IX KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG. (2024). Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 4(2), 319-328. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/237