PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS IX KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG
Keywords:
Problem Based Learning, Video Animasi, IPASAbstract
Proses pembelajaran di Sekolah Dasar Gugus IX Kecamatan Buleleng masih menggunakan model pembelajaran konvesional maka sangat berdampak pada siswa, siswa menjadi kurang efektif, merasa bosan dan cepat jenuh jika dalam proses pembelajaran hanya menggunakan model konvesional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan media video animasi pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Gugus IX Kecamatan Buleleng. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan media video animasi pada pembelajaran IPAS dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh dari penyebaran pretest dan posttest dan teknik yang digunakan mengambil sampel adalah random sampling.Sedangkan sampel menggunakan kelas IV SDN 2 Poh Bergong (kelas eksperimen) berjumlah 26 siswa dan kelas IV SDN 2 Jinengdalem (kelas kontrol) berjumlah 26 siswa. Teknik analisis deskriptif digunakan menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (90,46) dan nilai rata rata posttest kelas kontrol (75,12) yakni pada pembelajaran IPAS menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai kelas kontrol. Kesimpulannya terdapat pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning berbantuan media video animasi dalam pembelajaran IPAS di SDN Gugus IX Kecamatan Buleleng terhadap peningkatan hasil belajar siswa.