PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA ULTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model pembelajaran Example Non Example, Media Ultrasi, Hasil Belajar, Pendidikan PancasilaAbstract
Tujuaniidariiipenelitian iniiiyakni agar diketahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswaikelasiVidenganimodel Example Non Example berbantuan media Ultrasi dibandingkan siswaiyangibelajarimenggunakanimodel konvensionalidi SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan. Metode penelitian yang difungsikan adalah quasiiexperiment (EksperimeniSemu) denganirancangan pretest-posttest control group design. Populasi daam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kubutambahan sebanyak 230 orang siswa. Penentuan sampelidalamipenelitianiini menggunakaniteknik simple random sampling dan memperoleh siswa kelasiViSDN 2 Kubutambahan sebanyak 28 siswaisebagaiikelas kontrol dan siswa kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 15,870> 1,673, maka disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang dihasilkan dari model ExampleinoniExample dibanding Konvensional pada hasilibelajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V Sekolah Dasar.