PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA ULTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kadek Yudi Sastra Dewi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • Made Adi Nugraha Tristaningrat STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • Kadek Hengki Primayana STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author

Keywords:

Model pembelajaran Example Non Example, Media Ultrasi, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Abstract

Tujuaniidariiipenelitian iniiiyakni agar diketahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswaikelasiVidenganimodel Example Non Example berbantuan media Ultrasi dibandingkan siswaiyangibelajarimenggunakanimodel konvensionalidi SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan. Metode penelitian yang difungsikan adalah quasiiexperiment (EksperimeniSemu) denganirancangan pretest-posttest control group design. Populasi daam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Kubutambahan sebanyak 230 orang siswa. Penentuan sampelidalamipenelitianiini menggunakaniteknik simple random sampling dan memperoleh siswa kelasiViSDN 2 Kubutambahan sebanyak 28 siswaisebagaiikelas kontrol dan siswa kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh   15,870>  1,673, maka disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang dihasilkan dari model ExampleinoniExample dibanding Konvensional pada hasilibelajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-09-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA ULTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. (2024). Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 4(2), 344-356. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/241

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.