Keteladanan Tokoh Rama dalam Ramayana Sebagai Model Pendidikan Karakter Hindu di Era Modern
Keywords:
rama, ramayana, pendidikan karakter hindu, dharma, nilai etikaAbstract
Krisis moral dan degradasi spiritual yang terjadi di era modern menuntut adanya model pendidikan karakter yang mampu menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan kebijaksanaan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keteladanan tokoh Rama dalam Ramayana sebagai dasar pengembangan model pendidikan karakter Hindu yang relevan dengan konteks kehidupan modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode hermeneutika, penelitian ini menafsirkan nilai-nilai etika dan spiritual yang terkandung dalam tindakan dan ucapan Rama, kemudian mengaitkannya dengan prinsip-prinsip pendidikan karakter Hindu seperti Tri Kaya Parisudha, Catur Purusartha, dan Swadharma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan Rama mencerminkan lima dimensi utama pendidikan karakter, yaitu moralitas, spiritualitas, tanggung jawab sosial, disiplin diri, dan kepemimpinan etis. Nilai-nilai tersebut dapat diadaptasi dalam sistem pendidikan melalui pembelajaran naratif, reflektif, dan berbasis pengabdian sosial. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Ramayana dalam pendidikan Hindu dapat menjadi solusi strategis dalam membentuk generasi muda yang berintegritas, beretika, dan berjiwa spiritual di tengah tantangan globalisasi.