Keteladanan Tokoh Rama dalam Ramayana Sebagai Model Pendidikan Karakter Hindu di Era Modern

Authors

  • Ni Wayan Krisnawati SMP Negeri 16 Buton Author
  • Luh Eka Budiastini SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan Author
  • I Nengah Arianto SMP Negeri 24 Buton Author
  • Putu Arirusmadewi SMA Negeri 1 Poli-Polia Author

Keywords:

rama, ramayana, pendidikan karakter hindu, dharma, nilai etika

Abstract

Krisis moral dan degradasi spiritual yang terjadi di era modern menuntut adanya model pendidikan karakter yang mampu menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan kebijaksanaan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keteladanan tokoh Rama dalam Ramayana sebagai dasar pengembangan model pendidikan karakter Hindu yang relevan dengan konteks kehidupan modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode hermeneutika, penelitian ini menafsirkan nilai-nilai etika dan spiritual yang terkandung dalam tindakan dan ucapan Rama, kemudian mengaitkannya dengan prinsip-prinsip pendidikan karakter Hindu seperti Tri Kaya Parisudha, Catur Purusartha, dan Swadharma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan Rama mencerminkan lima dimensi utama pendidikan karakter, yaitu moralitas, spiritualitas, tanggung jawab sosial, disiplin diri, dan kepemimpinan etis. Nilai-nilai tersebut dapat diadaptasi dalam sistem pendidikan melalui pembelajaran naratif, reflektif, dan berbasis pengabdian sosial. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Ramayana dalam pendidikan Hindu dapat menjadi solusi strategis dalam membentuk generasi muda yang berintegritas, beretika, dan berjiwa spiritual di tengah tantangan globalisasi.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Keteladanan Tokoh Rama dalam Ramayana Sebagai Model Pendidikan Karakter Hindu di Era Modern. (2025). Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 5(2), 145-156. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/pramana/article/view/1344

Similar Articles

11-20 of 31

You may also start an advanced similarity search for this article.