PELESTARIAN BUDAYA BALI MELALUI KEGIATAN “RATU DONGENG” DALAM UPAYA PENGUATAN NILA-NILAI KARAKTER PADA SISWA PRATAMA WIDYALAYA SURYA DHYANA KRESNA

Authors

  • I Nengah Sueca Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali Author
  • Ni Putu Eni Astuti Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali Author

Keywords:

ratu dongeng, nilai karakter, anak usia dini.

Abstract

Menanamkan nilai karakter pada anak usia dini merupakan hal yang paling penting dalam tumbuh kembang
mereka, dalam menanamkan nilai karakter yang tepat kepada anak yang usianya masih haus akan bermain
yaitu dengan media pembelajaran Ratu Dongeng. Dengan kegiatan Ratu Dongeng anak akan mampu
menangkap dan mencoba berfikir kritis pada setiap cerita yang diceritakan. Penelitian ini bertujuan untuk
memaparkan efektivitas kegiatan Ratu Dongeng dalam penguatan nilai karakter pada anak usia dini di sekolah
Pratama Widyalaya Surya Dhyana Kresna. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa PAUD sebanyak 21
orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Metode analisis data dengan
analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pendidikan karakter anak pada indikator
religius, jujur, mandiri, peduli lingkungan, peduli social, tanggung jawab, cinta tanah air, dan kerja keras.

Downloads

Published

2024-12-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PELESTARIAN BUDAYA BALI MELALUI KEGIATAN “RATU DONGENG” DALAM UPAYA PENGUATAN NILA-NILAI KARAKTER PADA SISWA PRATAMA WIDYALAYA SURYA DHYANA KRESNA. (2024). Widya Dana: Jurnal Penelitian Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 2(2), 101-111. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyadana/article/view/485

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.