STRATEGI MENANAMKAN NILAI KARAKTER BERBASIS TRI HITA KARANA (STUDI ETNOGRAFI) PADA PRATAMA WIDYA PASRAMAN (TK) SARASWATI SINGARAJA

Authors

  • Ni Kadek Indrawati Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • I Made Ariasa Giri Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author
  • I Nyoman Miarta Putra Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja Author

Keywords:

karakter, Tri Hita Karana, Pasraman

Abstract

Guru mengajarkan dan mengajak anak-anak untuk melakukan Puja Tri Sandya sebelum memulai dan

mengakhiri proses pemebelajaran, menagajak anak- anak untuk berdoa sebelum makan dan mengajak anak-
anak untuk melaksanakan persembahyangan di Padmasana ketika Purnama Tilem untuk menanamkan

hubungan harmonis dengan Tuhan (Parahyangan) (2) Kendala yang ditemui guru dalam
menumbuhkembangkan sikap religius melalui pembelajaran Tri Hita Karana Pada Anak Pratama Widya
Pasraman (TK) Saraswati Singaraja diantaranya kendala yang bersumber dari internal dan eksternal siswa.
(3) Solusi mengatasi kendala yang ditemui guru dalam menumbuhkembangkan sikap religius melalui
pembelajaran Tri Hita Karana Pada Anak Pratama Widya Pasraman (TK) Saraswati Singaraja yaitu melalui
pengintegrasian pada kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah serta melalui pelibatan
orang tua siswa. Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter berbasis Tri Hita Karana pada Pratama
Widya Pasraman (TK) Saraswati Singaraja patut melakukan perbaikan dalam proses belajar mengajar anak
yang beragama Hindu. Salah satunya upaya konkrit yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan
Ajaran Tri Hita Karana melalui pendalaman nilai- nilai agama dalam aktivitas belajar sambil bermain. Bertitik
tolak dari latar belakang masalah tersebut diatas maka diperoleh beberapa permasalahan yaitu sebagai
berikut: (1) Mengapa perlu adanya strategi guru dalam menanamkan nilai karakter berbasis Tri Hita Karana
pada Pratama Widya Pasraman (TK) Saraswati Singaraja? (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan
nilai karakter berbasis Tri Hita Karana pada Pratama Widya Pasraman (TK) Saraswati Singaraja? (3)
Bagaimana dampak Strategi guru dalam menanamkan nilai karakter berbasis Tri Hita Karana pada Pratama
Widya Pasraman (TK) Saraswati Singaraja. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Untuk
menumbuhkembangkan sikap religius siswa sesuai ajaran Tri Hita Karana Pada Anak Pratama Widya
Pasraman (TK) Saraswati Singaraja, Guru mengajarkan dan mengajak anak-anak untuk melakukan Puja Tri
Sandya sebelum memulai dan mengakhiri proses pemebelajaran, menagajak anak-anak untuk berdoa
sebelum makan dan mengajak anak-anak untuk melaksanakan persembahyangan di Padmasana ketika
Purnama Tilem untuk menanamkan hubungan harmonis dengan Tuhan (Parahyangan), Untuk menanamkan
hubungan harmonis dengan sesama (Pawongan), guru mengajarkan empati dan kepedulian melalui kegiatan
berbagi, bermain bersama, dan bekerja sama dalam kelompok, misalnya berbagi makanan atau mainan
dengan temannya.

Downloads

Published

2024-12-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI MENANAMKAN NILAI KARAKTER BERBASIS TRI HITA KARANA (STUDI ETNOGRAFI) PADA PRATAMA WIDYA PASRAMAN (TK) SARASWATI SINGARAJA. (2024). Widya Dana: Jurnal Penelitian Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 2(2), 154-162. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/widyadana/article/view/494

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.