Model Pendidikan Etika Berbasis Kisah Dalam Shiva Purana: Perspektif Pendidikan Karakter Hindu
Keywords:
Shiva Purana, Etika, Pendidikan Karakter, Hindu, Model Pembelajaran NaratifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model pendidikan etika berbasis kisah (story-based ethical education model) yang bersumber dari teks klasik Shiva Purana dalam perspektif pendidikan karakter Hindu. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan pendidikan yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga dimensi moral dan spiritual di tengah krisis etika global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode hermeneutika tekstual untuk menafsirkan nilai-nilai etika dalam kisah-kisah Shiva Purana. Data primer berupa teks Shiva Purana dan data sekunder meliputi literatur pendidikan Hindu, filsafat moral, serta kajian etika klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti satya (kejujuran), dama (pengendalian diri), daya (kasih sayang), dan ksama (kesabaran) memiliki relevansi tinggi bagi pendidikan karakter masa kini. Kisah-kisah seperti Daksha Yajña dan Tapasya Parvati berfungsi sebagai sarana pembelajaran reflektif yang menumbuhkan empati dan kesadaran moral peserta didik. Model pendidikan etika berbasis kisah ini mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan spiritual melalui proses identifikasi, refleksi, dan penerapan nilai. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan kurikulum pendidikan Hindu yang kontekstual dan berbasis budaya lokal, sekaligus berkontribusi pada penguatan paradigma pendidikan karakter berlandaskan dharma dan spiritualitas.