Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Hindu Dalam Bhagavata Purana Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Spiritual Siswa
Keywords:
Bhagavata Purana, pendidikan agama Hindu, karakter spiritual, hermeneutika, nilai moralAbstract
Krisis moral dan spiritual yang melanda dunia pendidikan modern menunjukkan bahwa proses pembelajaran agama sering kali masih berorientasi pada kognisi, belum menyentuh dimensi kesadaran batin peserta didik. Dalam konteks ini, Bhagavata Purana sebagai salah satu teks suci Hindu yang sarat nilai spiritual dan etika, menawarkan paradigma pendidikan yang menekankan keseimbangan antara pengetahuan (jnana) dan pengabdian (bhakti). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan agama Hindu yang terkandung dalam Bhagavata Purana serta relevansinya terhadap pembentukan karakter spiritual siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-hermeneutik, melalui analisis teks dan interpretasi nilai-nilai moral dan spiritual dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bhagavata Purana mengandung lima nilai utama pendidikan karakter, yaitu bhakti (pengabdian kepada Tuhan), satya (kejujuran), ahimsa (tanpa kekerasan), seva (pelayanan tulus), dan samyama (pengendalian diri). Nilai-nilai tersebut relevan dengan pembentukan karakter spiritual siswa yang berlandaskan pada prinsip Tri Hita Karana dan dapat diinternalisasikan melalui strategi pembelajaran reflektif, kontemplatif, dan berbasis pengalaman. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan agama Hindu yang mengintegrasikan ajaran Bhagavata Purana mampu membentuk generasi yang berkarakter spiritual, beretika, dan berkesadaran ekologis dalam menghadapi tantangan moral abad ke-21.