Implementasi Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Tgt (Team Game Tournament) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD Negeri 1 Datah

Authors

  • Ni Made Widya Padmini Universitas Terbuka Author

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, TGT, Motivasi Belajar

Abstract

Pembelajaran diharapkan dapat mendorong peserta didik menjadi pribadi yang kreatif, kritis, dan mampu memecahkan masalah di sekitarnya. Salah satu mata pelajaran yang mendukung pengembangan kemampuan tersebut adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), yang menggabungkan aspek sains dengan fenomena sosial di kehidupan nyata. Kenyataannya, pembelajaran IPAS masih sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Mini riset ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Negeri 1 Datah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus dengan teknik penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada upaya perbaikan proses belajar melalui penerapan langkah-langkah Team Game Tournament (TGT), yaitu kerja kelompok, pelaksanaan permainan edukatif, dan turnamen akademik yang diakhiri dengan pemberian penghargaan bagi kelompok terbaik. Data hasil penelitian dikumpul melalui observasi dan angket motivasi belajar, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari 68% menjadi 88% pada pembelajaran dengan model Kooperatif tipe TGT. Temuan ini memperlihatkan bahwa penerapan model Team Game Tournament (TGT) mampu menumbuhkan semangat belajar, mendorong kerja sama, dan membuat suasana ruang belajar yang lebih dari menyenangkan serta bermakna. Dengan demikian, model TGT dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar (SD).

Downloads

Published

2025-10-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Tgt (Team Game Tournament) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD Negeri 1 Datah. (2025). Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 5(2), 108-113. https://journal.mpukuturan.ac.id/index.php/pramana/article/view/1284

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.